Bagaimanakah Jumlah Populasi Manusia Dihitung?


Ada banyak pembicaraan mengenai jumlah populasi manusia di bumi ini. Terlebih mengenai sumber daya alam dan masa depan planet kita. Jumlah populasi manusia saat ini telah mencapai 7.5 billions alias 7.5 miliyar orang. Dan tentu saja perkembangan jumlah ini akan terus meningkat seiring berjalannya waktu, dimana hal ini menyebabkan banyak orang khawatir. Iya kan?

presentase jumlah penduduk dunia
world population via http://population.city/
Dunia saat ini mempunyai 196 negara ( 195 bagi kamu yang menganggap Tawian bukanlah sebuah negara). Dan kelihatannya gak mungkin untuk menghitung secara akurat berapa banyak orang yang saat ini hidup di bumi ini (detik ini lho ya). Kamu juga tahu bahwa setiap detik akan ada orang yang mati dan ada bayi yang lahir, nah permasalahannya bagaimanakah mereka (aku juga gak tahu siapa, yang jelas para pakar ya) mengukur populasi manusia ini?

Jawaban singkat: dengan mempertimbangkan data sensus penduduk setiap negara, seperti data kelahiran dan data kematian, maka populasi dan jumlah pertumbuhan penduduk dapat di kalkulasikan secara kasar, tetapi masih ada sekitar 1-2% angka tersebut tidak pasti. Dan secara nalar pun mengukur secara tepat berapakah orang yang saat sedang ini hidup didunia merupakan hal yang mustahil (imposible).

Selamat datang di Bumi

jumlah manusia di dunia
kamu termasuk yang mana via http://fundersandfounders.com/

FYI, jumlah populasi manusia pada 100 tahun yang lalu atau sekitar tahun 1000 masehi tidaklah lebih dari 300 juta orang. Dan pada saat ini (2016) jumlah penduduk sudah mencapai 7.5 milyar orang, nah bagaimanakah pertumbuhan tersebut bisa sangat-sangat cepat?

Pasti kamu membayangkan bagaimanakah bumi ini 100 tahun mendatang? Atau mungkin 50 tahun mendatang? Pastinya sumber daya pun akan menjadi hal yang sangat-sangat dibutuhkan. Sumber daya tersebut bisa seperti makanan, air, obat dan masih banyak lagi. Dan nggak terbayangkan juga bagaimana crowded nya alias bagaimana sesak nya dunia ini 100 tahun mendatang.

Oke kembali ke topik judul. Menurut data dari the Commission on Population adn Devlopment ( Badan Populasi dan Pertumbuhan Dunia (ngawur, hehe). 2-3% data dari jumlah penduduk tersebut eror, alias gak valid. Kenapa bisa begitu? Alasannya sih macem-macem, seperti yang aku sampaikan sebelumnya di jawaban singkat bahwa menghitung jumlah penduduk dunia caranya adalah dengan menggabungkan data-data dari 196 negara. Nah disitulah letak permasalahannya. Kenapa, karena tiap negara melakukan sensus penduduk berbeda-beda interveal tahunnya, seperti negara Itali yang melakukan sensus nasional terakhir pada tahun 2000, dan Jerman yang terakhir melakukan sensus pada 1987. Sedangkan di negara lain kayak di Australia, Indonesia pemerintah melakukan sensus setiap 5 tahun sekali. Dan tentu saja hali ini yang menyebabkan sekitar 2-3% angka tersebut nggak valid.

Dan FYI lagi, 2-3% dari 7.5 milyar adalah 150-225 juta. Artinya kemungkinan error data adalah sekitar 150-225 juta manusia, yang mana jumlah tersebut melebihi jumlah penduduk negara Brazil, negara dengan jumlah populasi manusia terbesar ke lima di planet bumi. Mungkin kamu bisa agak bernafas lega dengan fakta ini (buat kamu yang khawatir akan padatnya jumlah manusia saat ini).

angka kelahiran manusia
LOL via http://9gag.com/

Dan juga dengan cara diatas pula Badan Sensus Dunia menghitung kemungkinan jumlah penduduk pada masa yang akan datang, seperti jumlah penduduk akan mencapai akan 8 milyar pada tahun 2023, atau 2022 atau malah 2024. Tentu saja hal ini nggak ada yang tahu.

Dan terakhir, ada video menarik tentang jumlah pertumbuhan penduduk dunia. Sayangnya video ini berbahasa Inggris, jadi kamu harus dengan seksama memperhatikannya ya :D.


Bagaimanakah Jumlah Populasi Manusia Dihitung? Bagaimanakah Jumlah Populasi Manusia Dihitung? Reviewed by Herosimo Sribiko on Sabtu, Januari 28, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.