Bagaimana Kita Tahu Isi Inti Bumi?

Saat ini kita sudah menjelajah hampir seluruh daratan di bumi, mengarungi dalamnya lautan samudra, berpergian ke luar angkasa, bahkan kita sudah ada manusia yang mendarat di bulan. Tapi ketika manusia mencoba menggali ke dalam permukaan bumi, kita tahu bahwa manusia belum mencapai sebuah pencapaian yang memuaskan.

Saat ini lubang galian terdalam yang pernah dibuat manusia adalah sedalam 12 kilometer. Tempat tersebut berada di Rusia dan bernama The Kola Superdeep Borehole, walaupun kita hanya bisa menggali sampai kedalaman 7,5 mil, namun ada sebuah kesimpulan yang bisa kita tahu, yaitu bahwa inti bumi terbuat dari logam dan dengan suhu yang sangat panas.

the kola superdeep borehole
the kola superdeep borehole
Nah bagaimana bisa kita tahu bahwa inti bumi terisi dengan partikel logam?

Sebenarnya tidak ada yang tahu dengan pasti.

Saat ini ilmuwan tidak tahu dengan pasti sebenarnya apa yang menjadi inti bumi dan bagaimana dengan suhunya. Seperti kita tidak tahu dengan umur pasti dari planet bumi, umur bulan, ataupun alam semesta ini. Semua yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan kemampuan terbatas manusia, dan dengan bantuan teknologi. Dan yang bisa kita tahu adalah dengan menembak, atau lebih sederhananya adalah dengan tebakan yang dibentuk oleh penilitian.

Ada sebuah alasan kenapa para pakar geologi menyebut bahwa inti bumi tersusun dari besi ataupun logam cair dengan suhu yang sangat tinggi.

Alasannya adalah.

Dengan mempelajari gempa bumi

Kedengaran sedikit aneh, tetapi semua itu benar. Salah satu jalan untuk mengetahui inti dari planet bumi ini adalah dengan mempelajari gempa-gempa bumi yang pernah terjadi.

Bayangkan jika kamu memegang sebuah batu dan kemudian ada seseorang yang memukul batu tersebut dengan palu. Kamu akan merasakan perbedaan rasa ketika palu tersebut di pukulkan di bagian tengah, pinggir ataupun bagian yang lain. 

Eksperimen ini juga bisa kamu lakukan dengan benda lain, semisal bola baksekt, botol air, botol kecap juga boleh. Nah yang paling penting adalah kamu akan mendapatkan rasa getaran yang berbeda ketika palu tersebut dihantamkan ke benda yang berbeda.

memukul sebuah palu
Coba kamu pukul batu dengan palu ini
Sebuah gempa bumi bekerja sama. Gempa akan mengirimkan getaran-getaran (gelombang seismik) tidak hanya di lapisa permukaan bumi, tetapi juga ke dalam lapisan dalam bumi. Gelombang-gelombang ini bergerak dengan kecepatan yang berbeda, bergantung pada benda/ material apa yang mereka lewati. Nah disini para geologis sudah membuat peralatan yang disebar diseluruh dunia dengan fungsinya adalah merekam geteran tersebut ketika ada sebuah gelombang lewat, dan bisa kita sebut dengan 'pos pendengar'

Dari data-data tersebut, para ilmuwan dapat menyimpulkan material apa yang ada di dalam inti bumi, yaitu dengan menghitung lama waktu dari sebuah pusat gempa sampai dengan 'pos pendengar'. Nah setelah kita dapat membaca kecepatan dari sebuah gelombang gempa dari pusatnya sampai ke 'pos pendengar', kita bisa menembak kira-kira material apa yang menjadi pusat inti bumi tersebut.

Bagaimana gelombang seismik bekerja
Bagaimana gelombang seismik bekerja

Dengan mempelajari massa jenis (densitas) bumi

Ada sebuah cara lain untuk mengetahui komposisi dari planet bumi, yaitu dengan merekam dan menghitung massa jenis bumi ini.

Rata-rata massa jenis bumi adalah 5,5 gram per cm3 (centimeter kubik). Kita tahu bahwa massa jenis batu adalah sekitar 3 gram per cm3 (centimeter kubik). Nah dengan ini kita bisa mengira bahwa inti bumi terbuat dari benda yang lebih padat, atau rata-rata sekitar 5,5.

Sebagai tambahan, baja berat (seperti logam) mempunyai massa jenis sekitar 10 gram per cm3. Dengan itu kita bisa lebih tahu jika logam keberadaannya ada di bagian inti bumi. Lebih jauh lagi, kecepatan gelombang seismik yang melewati inti bumi menyerupai dengan kecepatan ketika kamu melewatkan getaran pada sebuah logam cair. Dan juga berdasar dengan logam yang telah ada di tata surya kita, bahkan jauh sebelum bumi terbentuk, hal ini dapat disimpulkan bahwa inti bumi terbuat dari benda-benda seperti logam cari, nikel dan logam-logam sejenis.

struktru bumi


Nah itulah penjelasan bagaimana kita bisa tahu inti bumi itu terbuat dari apa, jika kamu merasa kagum dengan metode ilmuwan ini, kamu bisa tinggalkan komentarmu dibawah :D
Bagaimana Kita Tahu Isi Inti Bumi? Bagaimana Kita Tahu Isi Inti Bumi? Reviewed by Herosimo Sribiko on Minggu, Mei 06, 2018 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.