Kenapa di Permukaan Bulan Terdapat Beberapa Spot Hitam?

Pernahkah kamu mengamati kalau di bulan terdapat beberapa bercak hitam di wajahnya? Jika kamu belum pernah memperhatikannya, nggak ada salahnya kok buat kamu mencoba mengamati lebih dekat bulan di malam hari, oh ya lebih baik kamu mengamati saat bulan terlihat terang dan jelas ya, kalau bisa saat bulan purnama.

Dan untuk gambaran kita nantinya, aku akan paparkan gambar bulan dengan beberapa spot hitam di permukaannya.
kawah di bulan
bulan, via http;//wikipedia.org/

Kenapa di Permukaan Bulan Terdapat Beberapa Spot Hitam?

Jawaban singkat: Titik titik hitam pada bulan sebenarnya adalah sebuah kawah yang merupakan hasil dari tabrakan benda benda luar angkasa seperti komet, meteor, asteroid pada masa lampau, yang mana tabrakan benda tersebut mengakibatkan lubang lubang besar pada permukaan bulan.

Jika bulan mempunyai banyak sekali kawah, lalu mengapa hal tersebut tidak terjadi pada bumi?


meme kawah bulan
moon meme, via https://www.scienceabc.com

Kenapa bulan mempunyai banyak kawah? Pertanyaan tersebut cukup menarik. Kenapa bisa bulan dipenuhi dengan kawah, sedangkan bumi yang notabene ukurannya lebih besar dari bulan malah hanya mempunyai sedikit kawah hasil peninggalan benda luar angkasa. Padahal secara logika dengan ukuran besar maka hal itu akan mempermudah asteroid maupun benda lainnya untuk menghantam bumi. hmm aneh ya.

Sebenarnya alasanya ada dua kok,

Bumi mempunyai atmosfir yang cukup rapat.


Tentu kamu tahu kalau bumi mempunyai sebuah gas yang melindungi dan menutupi seluruh planet bumi, nah gas tersebut sangatlah rapat dimana dia bertindak layaknya malaikat penjaga bumi yang menjaga bumi dari bombardir benda-benda luar angkasa. Dan malaikat tersebut biasa kita panggil atmosfir.

Dan karena atmosfir-lah benda-benda luar angkasa tersebut tidak bisa mencapai ke tanah, hal ini dikarenakan benda-benda tersebut terbakar sebelum mencapai permukaan bumi, nggak hanya meteor dan asteroid, tapi semua benda ya.

meteor yang terbakar
burn up meteor via http://timesofmalta.com/

Pernahkah kamu melihat fenoma bintang jatuh pada malam hari? Sebenarnya peristiwa tersebut bukanlah mutlak bintang yang terjatuh, terkadang meteor yang sedang terbakar oleh atmosfir bisa nampak seperti bintang jatuh.

Hal ini dapat kita simpulkan kalau bulan dan bumi memanglah dibombardir oleh meteor-meteor dengan jumlah yang sama, mungkin lebih besar bumi. Tapi dalam kasus bumi, benda tersebut banyak yang nggak mencapai permukaan bumi karena adanya atmosfir yang menutupi bumi.

Erosi, peristiwa lempeng tektonik, dan vulkanisme yang menghapus kawah-kawah dari permukaan bumi.


Bumi selain pandai dalam mencegah benda-benda dari luar angkasa masuk, dia juga pintar menghapus bekas-bekas kawah yang sudah terjadi di permukaannya, itulah alasaan lain mengapa bumi tidak banyak mempunyai kawah seperti yang kita lihat pada bulan. Dalam tahap pengapusannya itu bumi mempunyai tiga proses; erosi, lempeng tektonik, dan vulkanisme.

bulan bumi lucu
cantik kan aku via https://spaceplace.nasa.gov/craters/en/

Erosi tersebut bisa disebabkan oleh air maupun angin, hal inilah yang tidak terjadi di bulan. Di bulan tidak ada atmosfir, tidak ada air maupun angin. Maka jika kamu menggambar garis kecil saja diperumkaan bulan, maka selamanya goresan tersebut nggak bakal terhapuskan.

jejak kaki di bulan
jejak kakinya Buzz aldrin di bulan via https://www.scienceabc.com

Lebih jauh lagi, permukaan planet bumi akan selalu terbarui dalam periode waktu ratusan ribu tahun. Berterimakasihlah kepada peristiwa lempeng tektonik, faktor alam yang juga tidak terjadi di bulan. Dan terakhir ada peristiwa vulkanisme yang bertindak seperti petugas kebersihan, dia membersihkan dan menutupi kawah-kawah dan membuatnya tidak terlihat dari luar.

Meskipun begitu, bebarap kawah tetaplah tidak bisa terbesihkan oleh tiga peristiwa diatas. Dan sampai sekarang kawah tersebut masih eksis. Ada 190 kawah yang sudah di verifikasi di permukaan bumi, kamu bisa cek daftarnya di sini.

kawah mjolnir thor
mjolnir crater via http://marvelcinematicuniverse.wikia.com


Oya, setelah membaca artikel ini dan kamu melihat lagi bulan dengan spot-spot hitam diwajahnya. Ingatlah bahwa bumi bisa mempunyai takdir yang sama dengan bulan jika bumi kita tidak mempunyai proses alam untuk menutup kawah tersebut dan yang terpenting adalah atmosfir yang selalu menjaga kita dari bombardir benda-benda luar angkasa.
Kenapa di Permukaan Bulan Terdapat Beberapa Spot Hitam? Kenapa di Permukaan Bulan Terdapat Beberapa Spot Hitam? Reviewed by Herosimo Sribiko on Selasa, Maret 14, 2017 Rating: 5

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.