Kenapa Melihat Matahari Langsung Dapat Membuat Mata Sakit?

Kamu pasti sudah tahu kalau melihat matahari di siang hari pasti sulit dilakukan. Bukan hanya karena membuat mata sakit, tetapi akan ada efek jangka panjang buat mata mu. Nah ini kenapa para ilmuwan menyarankan buat kamu untuk menghindar melihat matahari secara langsung tanpa kacamata pelindung.

Saat melihat matahari langsung
Saat melihat matahari langsung source: https://www.scienceabc.com

Secara sederhana, pancaran sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak mata-mu jika melihat secara langsung. Tapi bagaimana saat kamu melihat matahari tetapi dengan penglihatan tambahan (kacamata) atau saat kamu melihat matahari tetapi hanya dengan lirikan mata saja? Saat ini jarang terdengar ada orang yang sakit mata gara-gara melihat matahari tetapi lewat lirikan saja.

Sekarang pertanyaannya adalah, kenapa melihat matahari tetapi dengan menggunakan kacamata atau alat tambahan lain tidak membuat kerusakan pada penglihtanmu?

Bagaimana Melihat Matahari Langsung Dapat Mempengaruhi Penglihatan Mata?

Ketika mata kita melihat matahari terlalu lama, mata dapat menerima terlalu banyak sinar ultraviolet pada bagian retina-nya, dan menyebabkan solar retinopathy. Efek yang paling buruk adalah kebutaan permanen (walaupun ini sangat jarang), tapi pada intinya melihat matahari secara langsung sangatlah sakit dan itulah mengapa sangat tidak mungkin bagi manusia untuk menatap matahari terlalu lama.

Melihat matahari dengan mata telanjang
Melihat matahari dengan mata telanjang via https://www.scienceabc.com

Biasanya tipikal efek yang disebabkan saat terlalu banyak menatap matahari adalah bintik mata berwarna gelap atau kuning, penglihatan yang tidak jelas (kabur),  dan kehilangan penglihatan pada bagian tengah mata.

Sekarang saat nya memahami lebih spesifik permasalahan ini. Pada seebuat mata manusia ada lensa di ujung depan mata yang mempunyai tugas mem-fokuskan cahaya yang masuk ke dalam macula, ara pigmen yang dekat dengan pusat retina. Macula mempunya tingkat konsentrasi saraf yang tinggi dan lapisan pelindung yang paling tipis.

Pupil merupakan bagian paling ujun di mata; jadi ketika kamu melihat matahari secara langsung, lensa mata akan memfokuskan cahaya tepat di bagian retina, yang mana akan menyebabkan kerusakan.

Struktur Mata
Komponen mata kamu https://www.scienceabc.com

Kenapa Kerusakan Mata Tidak Terjadi Saat Memakai Kacamata?

Saat ini sudah jelas bahwa melihat matahari secara langsung dapat mengakibatkan kerusakan pada mata. Nah sekarang bagaimana jika kita melihat matahari secara tidak langsung? semisal hanya melihat matahari melalui penglihatan samping mata kita, kenapa tidak membuat kerusakan pada mata kita?

Sebenarnya hal ini mirip dengan jika kita membakar kertas melalui kaca pembesar. Jika kamu pernah mencoba eksperimen ini, kamu pasti tahu bahwa kamu dapat membakar seluruh kertas hanya ketika kamu mengarahkan fokus cahaya kaca pembesar pada kertasnya.

bermain kaca pembesar
bermain kaca pembesar via https://www.scienceabc.com

Ketika fokus cahaya nya tidak pada kertas, tidak akan ada yang terjadi. Hal ini karena fokus cahaya matahari tidak mengenai kertasnya, dan kertas hanya menemira sinar yang bukan fokus dari kaca pembesarnya.

Hal ini sama dengan penglihatan mata kita. Ketika kamu melihat matahari secara langsung, lensa mata akan fokus terhadap sinar matahari dan cahaya yang paling besar tepat mengenai retina mata-mu, dan berpotensial menyebabkan kerusakan. Tapi ketika kamu melihat dengan memakai kacamata, cahaya matahari yang masuk ke retina tidak sebanyak saat dengan mata telanjang. Itulah mengapa cahaya matahari tidak membuat mata mu sakit ketika kamu melihatnya dengan menggunakan kacamata atau peralatan lainnya.

Simpelnya, jauhkan penglihatan mata kamu dari sumber cahaya, artinya sedikit cahaya yang masuk akan membuat matamu terkurangi dari resiko kerusakan.

Memalingkan wajah dari sinar matahari
Memalingkan wajah dari sinar matahari source: https://www.scienceabc.com

Nah apa komentarmu tentang hal diatas? tuliskan pendapatmu dibawah ya :D





Kenapa Melihat Matahari Langsung Dapat Membuat Mata Sakit? Kenapa Melihat Matahari Langsung Dapat Membuat Mata Sakit? Reviewed by Herosimo Sribiko on Sabtu, Mei 05, 2018 Rating: 5

4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.