Kenapa Kita Terkadang Melihat Bulan di Siang Hari?

Semua orang juga tahu kalau kita nggak bisa melihat bintang di siang hari, alasannya karena cahaya bintang terlalu lemah menghadapi cahaya matahari yang lebih kuat. Tetapi secara ilmiah mengatakan kalau cahaya bintang menghilang dikarenakan atmosfir bumi yang memecah cahaya tersebut sebelum kita bisa melihatnya.

Seperti halnya bintang, kita (biasanya) nggak bisa melihat bulan di siang hari. Tetapi terkadang kamu bisa melihat bulan secara jelas di siang hari, kenapa bisa begitu?

Bulan di Siang Hari
bulan di siang hari via http://liferevel.com/

Kenapa Kita Terkadang Melihat Bulan di Siang Hari?

Jawaban singkat: ada dua alasan - pertama, bulan bercahaya cukup terang sehingga kita bisa meilihat dia sedang berada di atas langit kita. Kedua, durasi bulan ketika berada di atas horizon (langit) bertepatan dengan matahari, sehingga membuatnya bisa terlihat di siang bolong.

Bulan bercahaya cukup terang untuk bisa terlihat dari bumi.


Kamu pasti tahu kalau bulan itu nggak memancarkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya matahari untuk menerangi malam-malam bumi. Sebenarnya bulan itu menarik, dia hanya memantulkan 3% dari cahaya matahari yang mengenai permukannya, tetapi dengan hanya 3% itu dia bisa menerangi malam-malam kamu yang kelabu :D.

Meme Bulan
crdit http://www.relatably.com

Jadi kesimpulannya, seterang apapun bulan dia masih lebih jauh terang daripada bintang yang paling terang di malam bumi. Jadi sebab itulah dia bisa bersinar menembus atmosfir langit bumi dan membuatnya terlihat oleh manusia di siang hari.

Peran rotasi bumi dalam penampilan bulan di siang hari.


Terlihatnya bulan dari bumi itu dipengaruhi oleh posisi orbitnya.Bulan selesai dalam mengelilingi bumi dalam kurun waktu kurang dari 30 hari, dan mempunyai tampilan berbeda dalam periode-periode perputarannya. Biasanya variasa tampilan itu kita sebut dengan delapan fase bulan.

8 fase bulan
8 fase bulan via http://www.universetoday.com

Selama waktu periode tersebut (periode ketika bulan hampir menunjukkan purnamanya), bulan terbit ketika matahari terbenam, hal itu dikarenakan bulan berada di posisi berlawanan dengan matahari. Jadi setiap bulan purnama, matahari, bulan, dan bumi akan berada di dalam suatu garis lurus yang mana kita bisa melihat matahari terbenam dan bulan terbit (dalam langit yang berbeda, tidak ditempat yang sama) dalam waktu yang bersamaan.

Namun, setiap periode bulan mengitari bumi, dia akan lebih mendekati matahari sampai benar benar dekat (sekitar waktu bulan baru), terbit dan tenggelam dengan waktu yang hampir sama dengan matahari. Hasilnya bulan akan jarang terlihat di malam hari dan malah akan lebih terlihat di siang hari.

Selama bumi berotasi secara konstan, bulan akan terlihat di atas horizon selama sekitar 12 jam dalam seharinya. Dalam hari yang sama, 12 jam ini bertepatan dengan terlihatnya matahari dalam seharinya. Dan waktu itulah kita bisa melihat bulan di saing hari.

Menarik untuk kamu catat kalau bulan terlihat pada siang hari itu hampir setiap hari, kecuali hari ketika dia mendekati fase bulan baru. Tapi satu hal yang harus kamu perhatikan adalah, kamu harus benar-benar mengamati secara cermat di mana bulan sedang berada ketika siang hari, hal inilah yang menyebabkan banyak orang tidak melihat bulan di siang hari.

Bagi kamu penikmat astronomi di luar sana, bulan akan terlihat di langit siang setelah fase bulan purnama sampai beberapa hari sebelum bulan baru (bulan tidak akan terlihat ketika berada di fase bulan baru, hal ini dikarenakan sisi bulan yang bersinar sedang tidak menghadap ke bumi.


Jika kamu mengikuti fase-fase bulan dalam basis harian, kamu bisa memantanya melalui website ini dan kamu akan tahu pada hari apa bulan akan terlihat di siang hari.

memantau fase bulan
pantau fase bulan kamu di https://www.timeanddate.com/moon/phases/

Kenapa Kita Terkadang Melihat Bulan di Siang Hari? Kenapa Kita Terkadang Melihat Bulan di Siang Hari? Reviewed by Herosimo Sribiko on Rabu, Maret 15, 2017 Rating: 5

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.