Bagaimana bulan terbentuk?

Setelah big bang terjadi, alam semesta kita dulunya adalah kumpulan debu dan partikel gas. Awan-awan yang lebih mirip dengan debu memenuhi sekitaran matahari pada 4,6 miliar tahun yang lalu. Di waktu itu juga sebuah nebula meledak dan membuat partikel-partikel gas dan debu tersebut bersatu, sebabnya karena gaya gravitasi yang saling tarik menarik.

Kumpulan gas ini kemudian semakin besar dan membentuk sebuah planet kecil atau yang bisa disebut planetesimals. Planetesimals ini setiap hari memakan debu-debu disekitarannya sampai pada akhirnya berhenti tumbuh karena partikel-partikel yang biasa diserap hilang dikarenakan hembusan  bada matahari.

Siapa yang menyangka kumpulan gas tersebut bisa menjadi susunan planet-planet di tata surya kita, menjadi sebuah kesatuan dibawah matahari.

formasi tata surya yang cantik
formasi tata surya yang cantik

Tapi kita tidak akan membahas kesana, topik kali ini berfokus pada bagaimana bulan terbentuk? Ada beberapa teori yang menjelaskan bagaimana bulan bisa terbentuk, tapi dari teori-teori tersebut ada satu teori yang cukup kuat.

Hipotesa tabrakan besar

Teori ini bisa dikatakan teori yang paling banyak diakui oleh ilmuwan. Berdasarkan teori ini, sebuah protoplanet berukuran seperti planet mars menabrak bumi pada 100 juta tahun setelah bumi lahir. Protoplanet atau planet yang tidak pernah bertahan sampai menjadi planet penuh ini disebut Theia, yang dalam mitologi Yunani adalah dewi penglihatan dan cahaya surga.

Teori ini menyebutkan bahwa Theia dan Bumi pernah terjadi tabrakan head-on alias tabrakan total. Nah dari tabrakan ini menyebabkan kerak-kerak bumi maupun theia terlempar ke angkasa, dari situlah kemudian menyatu dan lahir bulan. Bulan bisa menjadi satelit bumi dikarenakan saat terbentuk bulan berada dalam orbit bumi, dan tertangkap oleh gravitasi bumi itu sendiri.

Dewi Theia

Ada cukup banyak bukti yang mendukung teori ini, salah satunya adalah persamaan kompsisi antara lapisan kerak bumi dan batuan yang ada di bulan. Dari perspektif lain adalah adanya kompisi besi di bulan dikarenakan pada waktu terjadi tabrakan bumi sudah mempunyai inti yang juga terbuat dari kompisisi besi.

Teori ini juga menyatakan bahwa tabrakan tersebut benar-benar besar sehingga terjadilah peristiwa diatas, dan jika tabrakan ini berupa srempetan pun tidak akan bisa membuat bulan lahir. Hal ini sudah h di-skenariokan oleh para ilmuwan menggunakan komputer.

bumi tabrakan dengan bulan


Teori pembentukan sama

Teori ini mengatakan jika bulan dan bumi terbentuk dalam waktu yang bersamaan. Lebih detailnya adalah, dahulu kala ada sebuah gravitasi kuat yang membuat debu-debu dan gas di luar angkasa menyatu, hal ini terjadi bersmaan di dua tempat yang berbeda, sehingga bisa dikatakan kenapa bumi dan bulan mempunyai struktrur yang hampir sama, ini karena komposisi pembuatannya yang mirip.

bisa saja bulan lahir bersama dengan bumi
bisa saja bulan lahir bersama dengan bumi

Teori gravitasi

Kemungkinan lain adalah mirip dengan satelit planet mars, yaitu awalnya bulan adalah benda yang terbang bebas di luar angkasa, kemudian di suatu waktu gravitasi bumi menangkap bulan tersebut, sehingga mengikuti orbit bumi sampai sekarang.

Walupun teori ini menjelaskan perbedaan di komposisi bulan, tapi tetap saja sangat tidak dimungkinkan jika random orbit bisa saja tiba-tiba masuk orbit planet lain.

Dua teori terakhir cukup banyak menyisakan pertanyaan yang belum terjawab. Teori tabrakan besar juga menjelaskan rotasi dinamik bulan-bumi sehingga menyebabkan jam menjadi 24-jam sehari. Teori inilah yang menyebabkan momentum angular yang jika tidak ada akan menyebabkan bumi menjadi 5-jam perhari.

bulan waktu malam
bulan waktu malam

Hal inilah yang menyebabkan teori tabrakan besar menjadi yang paling akurat diantara teori lain. Sedangkan semua teori setuju jika kawah-kawah dibulan terbentuk pada 3-4 miliar tahu yang lalu karena dihantam hija asteroid yang besar.

Nah itulan teori bagaimana terbentuknya bulan, apa pendapatmu? tulis komentar dibawah ya :D

Bagaimana bulan terbentuk? Bagaimana bulan terbentuk? Reviewed by Herosimo Sribiko on Kamis, Mei 17, 2018 Rating: 5

9 komentar:

  1. terimakasih sudah follow saya bang , semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Mendebarkan rasanya kalau baca saat proses terbentuknya sebuah planet ... berupa kumpulan debu dan gas,juga terjadi karena tabrakan besar antar planet.

    Semoga bumi jangan sampai terjadi tabrakan maha dahsyat seperti itu ya,menakutkan.

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat bung... sorry baru bisa nyimpang.. hihihiiiii.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha siap gan, makasih sudah mampir :D

      Hapus
  4. min tanya,, bulan termasuk datar apa bulat ya 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti keluar moon flat soceity dong hehehe

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.