Kenapa Pesawat Harus Terbang Tinggi?

Kebanyakan pesawat komersil terbang dengan ketinggian dikisaran 35,000 kaki, atau sekitar 10 kilometer diatas langit. Nah jika kamu pernah punya pertanyaan seperti, kenapa pesawat harus terbang setinggi itu? Dan apakah salah jika pesawat terbang hanya beberapa kilo diatas langit, selama pesawat sudah lebih tinggi dari bangunan-bangunan di tanah?

Well, angka 35,000 kaki sejatinya bukan angka yang dipilih secara acak atau sembarangan. Ada beberapa alasan kenapa pesawat terbang berada diatas ketinggian 35,000 kaki.

kenapa pesawat terbang tingi
kenapa pesawat terbang tingi?

Tekanan udara dan hemat bahan bakar

Salah satu alasan utama kenapa pesawat harus terbang tinggi adalah adanya tekanan udara. Kita tahu bahwa lebih tinggi kita dari tanah maka atmosfirnya akan semakin tipis, dan dari sana tekanan udara yang menerpa pesawat akan menjadi lebih rendah juga.

Selain itu, semakin banyak molekul udara yang dilewati pesawat akan mengakibatkan penggunan bahan bakar yang juga banyak, nah dengan adanya pesawat terbang lebih tinggi secara langsung akan bisa mengurangi beban biaya bahan bakar yang digunakan pesawat.

keseimbangan antara biaya operasional dan juga penghematan bahan bakar ini dapat dicapai jika pesawat terbang pada ketinggian sekitar 35,000 kaki, itulah kenapa pesawat komersil sering terbang dengan ketinggian disekitar angka tersebut. Tapi dapat dicatat bahwa tidak semua mesin pesawat tidak sama konsumsi bahan bakarnya ketika terbang degan tekanan udara yang lebih rendah, ada juga malah yang lebih baik ketika terbang dengan tekanan udara yang semakin sedikit.

pesawat terbang tinggi
terbang tinggi dapat menghemat bahan bakar


Menghindari anomali cuaca

Alasan lain yang digunakan oleh pesawat komersil kenapa terbang begitu tinggi adalah untuk menghindari awan dan juga anomali cuaca, seperti halnya petir. Nah dengan terbang dengan angka tersebut akan bisa mendapatkan udara yang lebih stabil dan juga pilot tidak khawatir akan adanya gangguan cuaca.

Walaupun pesawat dapat terbang melewati awan dan petir, tetapi hal itu akan menyebabkan turbulensi yang pada akhirnya akan membuat penumpang tidak merasa nyaman.

petir juga bisa membahayakan pesawat
petir juga bisa membahayakan pesawat

Menghindari bangunan-benda tinggi

Yang ini pasti sudah jelas. Sebagai pilot pastinya kamu tidak ingin pada saat terbang harus menghindari-menghindari bangunan yang ada di tanah, seperti halnya gedung, tower ataupun yang lain. Memang kelihatan keren, tapi sebagai orang normal hal tersebut sangatlah berbahaya.

Hal ini juga tidak melulu tentang gangguan dari bangunan-bangunan, terbang dengan ketinggian 35,000 kaki dapat memastikan pesawat terhindar dari gangguan burung-burung yang biasanya terbang dibawah angka tersebut. Hal ini juga cukup krusial, burung yang menabrak pesawat bukanlah sebuah hal yang dapat disepelekan. 

Ada beberapa kasus pesawat terbang yang dihantam burung, tapi salah satu kejadian yang cukup terkenal adalah pada kasus US Airways 1549. Pada 15 Januari 2009 sebuah pesawat (Airbus 320) membuat sebuah landing yang sangat ajaib di sungai Hudson setelah tertabrak kawanan burung beberapa saat setelah take-off dari bandara LaGuardia di New York. Yang cukup ajaib adalah tidak adanya laporan korban jiwa dari peristiwa ini, maka dari itu kejadian ini diberi nama "miracle on the Hudson" atau keajaiban di Hudson. Kamus bisa lihat lebih lengkap nya di WikiPedia.

pesawat yang jatuh di sungai Hudson
pesawat yang jatuh di sungai Hudson

Waktu pengamanan tambahan

Katakanlah jika kamu sedang menerbangkan pesawat jet beberapa kilo diatas tanah dan kemudian sesuatu hal yang salah terjadi. Pesawat-mu tiba-tiba saja oleng, kemudian pesawatmu terjun bebas dengan cepat, kamu sebenarnya tahu jika masalah ini dapat diatasi, tetapi karena pesawatmu jatuh terlalu cepat dan kamu juga tidak mempunyai waktu yang banyak karena jarak pesawatmu dengan tanah yang terlalu dekat, kemudian kamu akan kehabisan waktu, dan bisa berakibat fatal.

Nah alasan itu jugalah yang menyebabkan pesawat terbang dengan ketinggian 35,000 kaki, yaitu dapat menambah waktu bagi para pilot jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Itulah beberapa alasan kenapa pesawat terbang dengan ketinggian di kisaran 10 kilometer, jika kamu punya pendapat lain kamu bisa tulis di kolom komentar ya :D dan jangan lupa kunjungi artikel menarik di Sains Gila


Kenapa Pesawat Harus Terbang Tinggi? Kenapa Pesawat Harus Terbang Tinggi? Reviewed by Herosimo Sribiko on Minggu, Mei 20, 2018 Rating: 5

9 komentar:

  1. Raja BandarQ PERMAINAN Agen BandarQ TERBESAR DAN TERPECAYA DI INDONESIA
    Minimal Deposit/Withdraw Rp 20.000,-
    Memiliki 8 game dalam 1 user id
    Bonus Cashback 0.3%
    Bonus Referral 15%
    Bonus Extra Refferal 5%
    Contact Us :
    BBM : D887A35F
    WA : +6281314872594
    Line : rajabandarq
    Fanspage 1 : RajaBandar99
    Fanspage 2 : Raja BandarQ

    Link :
    RajaBandar99,com
    RajaBandar99,net
    RajaBandar99,org
    RajaBandar99,info

    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    BalasHapus
  2. Baru tahu saya kalau itu bisa bikin hemat... Saya kira emang biar gaya aja terbang tinggi... wahahaha

    Nice post mas, mengedukasi.

    Salam blogger,
    Mazdesu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha emang anak jaman now gaya-gayaan hehehe, terimakasih sudah mampir gan :D

      Hapus
  3. Memang benar pesawat memang harus terbang setinggi 10 km supaya tekanan udara stabil. Tapi saya baru tahu kalau itu bisa menghemat bahan bakar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar gan, karena semakin sedikit beban tabrakannya, maka semakin hemat bahan bakar :D.
      terimakasih sudah mampir

      Hapus
  4. Ternyata malah bikin hemat jika tinggi, klo rendah ntr nabrak gedung pencakar langit pula

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.