Pertanyaan Umum Seputar Black Hole

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang juga membahas mengenai lubang hitam, jika kamu belum baca, aku saranin untuk baca dulu ya. Disini

Seperti yang udah kita bahas di artikel lalu, black hole merupakan sebuah tempat di ruang angkasa dimana tingkat gravitasinya sangatlah kuat, saking kuatnya cahaya pun tidak bisa melepaskan diri dari gravitasi blackhole ini. Gravitasi yang sangat kuat ini terjadi karena sebuah materi/zat telah diperas dan menjadi sebuah benda yang sangat kecil. Hal ini terjadi pada saat ada sebuah bintang yang mati.

meme black hole
that's true source https://www.reddit.com/

Karena cahaya yang nggak bisa lewat lubang hitam ini. Maka dari itu manusia tidak bisa melihat black hole. Karena nggak bisa dilihat langsung oleh manusia, maka dengan bantuan teleskop ruang angkasa kita bisa mengamati lubang hitam tersebut. Sebuah bintang akan berlaku aneh ketika berdekatan dengan black hole ini, nah metode itulah yang digunakan pengamat untuk mengamati keberadaan black hole.

Seberapa besarkah black hole?


Lubang hitam bisa besar bisa kecil. Para peneliti berpendapat jika lubang hitam terkecil itu sebesar atom. Lubang hitam ini memang kecil, tapi mempunyai massa sebesar gunung, hehe. Massa disini bisa dikatan jumlah materi didalam sebuah objek.

Jenis lain dari lubang hitam adalah stellar. Massanya bisa mencapai 20 kali lipat dari massa matahari. Dan black hole tipe stellar ini kemungkinan jumlahnya ada banyak di dalam galaksi kita, galaksi bima sakti (milky way galaxy).

galaksi bima sakti
Galaksi bima sakti by https://www.nasa.gov/

Dan lubang hitam paling besar biasa kita sebut dengan “suppermassive”. Dan massa dari lubang hitam supermasif ini setara dengan 1 juta massa dari matahari, wow. Dan para peneliti telah menemukan bukti jika setiap galaksi besar pastilah mempunyai supermassive black hole di pusat galaksinya. Dan lubang hitam supermasif di galaksi kita bernama sagittarius, massanya setara dengan 4 juta matahari.

Bagaimanakah black hole bisa terbentuk?


Para peneliti percaya bahwa lubang hitam terkecil ini terbentuk bersamaan dengan terbentuknya alam semesta ini. Sedangkan stellar blackhole ini terjadi ketika sebuah bintang runtuh. Ketika hal itu terjadi akan menyebabkan supernova. Supernova adalah sebuah bintang yang meledak yang meledakkan bagian-bagian tubuhnya ke luar angkasa.Sedangkan para peneliti berargumen jika lubang hitam supermasif terbentuk ketika sebuah galaksi ada.

supernova
ilustrasi supernova by http://wallpapercave.com/

Jika black hole itu tidak terlihat, bagaimana para peneliti bisa tahu keberadaan mereka?


Black hole tidak bisa dilihat karena gravitasinya yang kuat ini menyebabkan cahaya terdorong masuk di pusatnya. Tetapi para peneliti dapat mengetahui efek kuatnya gravitasi black hole ini dengan mempelajari pergerakan bintang, sehingga para peneliti tahu bahwa sebuah bintang sedang terbang, atau sedang meng-orbit sebuah black hole.

meme teleskop
pake teleskop buat mengamati bintang source http://www.wykop.pl/

Ketika bintang dan black hole ini berdekatan, maka sebuah cahaya dengan energi tinggi akan terbentuk. Jenis cahaya ini nggak dapat dilihat dengan mata kepala manusia, tetapi harus menggunakan satelit dan teleskop ruang angkasa.

Dapatkah black hole menghancurkan bumi?


Perlu kamu ketahui, balck hole bukanlah sebuah benda yang berkeliling untuk mencari mangsa. Maka dari itu bumi tidak akan bisa dimakan oleh sebuah lubang hitam, hal ini dikarenakan tidak ada lubang hitam yang cukup dekat dengan sistem tata surya kita.

Meskipun matahari adalah sebuah black hole, maka bumi pun tidak akan termakan olehnya, hal ini dikarenakan jika massa nya masih sama dengan matahari, maka gravitasinya pun akan masih sama. Dan jika gravitasi matahari masih sama, maka planet-planet yang ber-orbit padanya akan ber-orbit seperti saat ini.

inti galaksi bima sakti
Jarak sagittarius dengan bumi via http://projectavalon.net/

Dan matahari tidak akan pernah bisa jadi black hole, karena matahari tidaklah cukup besar untuk bisa bertransformasi menjadi black hole.
Pertanyaan Umum Seputar Black Hole Pertanyaan Umum Seputar Black Hole Reviewed by Herosimo Sribiko on Kamis, Maret 30, 2017 Rating: 5

3 komentar:

  1. ininih pertanyaan yang selalu muncul, keren gan artikelnya ...

    BalasHapus
  2. Segera bergabung dengan kami Agen BandarQ
    100% player vs player juga livechat 24 jam
    Di layani cs kami yang responsive dan profesional ^_^
    Hanya butuh 1 ID bisa main 8 Jenis Permainan dan menjadi Jutawan
    Ayo Gabung bersama kami Bosku
    Buktikan Sendiri Bossku!
    Permainan 100% FairPlay
    Tanpa Robot
    Tanpa Admin
    Tanpa Settingan Kartu
    Murni 100% PvP
    promo spesial ^^
    *Bonus Rollingan 0.3 % (tanpa syarat)
    *Bonus Refferal 15 % (seumur hidup)
    Yuk daftar sekarang di Agen BandarQ
    , mainkan gamenya
    Jadilah pemenang dan dapatkan bonusnya ya ^_^
    Website : RajaBandar99,Com
    WA: +6281314872594
    BBM : D887A35F
    #RajaBandar99 #AgenDomino #AgenBandarQ #BandarQ #DominoQQ

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.