Siapakah Linus Torvalds? Sang Penemu Linux

Siapakah Linus Torvalds? Sang Penemu Linux

Linus Torvalds lahir di Finlandia dan kemudian pindah ke US. Linus menyelesaikan kuliah di Findalndia dan mendapat gelar Master di bidang Computer Science. Nama Linus Trovalds diambil dari Linus Pauling, seorang pemenang nobel dibidang kimia. Linus terkenal berkat ideanya tentang konsep sistem operasi berbasis open-source. Saat ini Linus bekerja di Linux Foundation, yang merupakan perusahaan dibalik Linux.

Siapakah Linus Torvalds? Sang Penemu Linux
Siapakah Linus Torvalds? Sang Penemu Linux

Linux adalah sistem operasi berbasis Unix, dan pertama kali dikemabangkan pada 1991. Karena sifatnya yang open-source, Linux berkembang cukup pesat dengan ribuan programmer yang ikut berkontribusi untuk kernelnya. Linus pertama kali memulai project Linux karena ketidakpuasaan pada Sistem Operasi MINIX. Linux pertama kali diperkenalkan di Usenet yang kemudian pada tahun berikutnya meluncurkan Linux .011.

Linux dengan logonya Pinguin Tux
Linux dengan logonya Pinguin Tux

Linus sangat menginginkan untuk mengembangkan free software dan akhirnya mempengaruhi banyak developer untuk berkontribusi pada kernel Linux. Sampai ditahun 2000-an linux berkemabang cukup pesat, menjadi lebih user-friendly dan akhirnya menjadi pesaing terbesar Microsoft pada saat itu.

Selain Linux, Linus juga mengembangkan Git, software version control yang berguna bagi para developer untuk mengembangkan software secara bersama-sama. Git dapat mencatat setiap perubahan kode pada file project, sehingga memudahkan para programmer berkolaborasi.

Karena pencapaiannya Linus mendapat beberapa penghargaan dalam bidang computer science. Linus mendapat the Millenium Technology Prize, sebuah penghargaan di ajang Internet Hall of Fame, dan kemudian muncul di Majalah Time sebagai salah satu orang berpengaruh di abad ini.

Siapakah Linus Torvalds? Sang Penemu Linux Siapakah Linus Torvalds? Sang Penemu Linux Reviewed by Herosimo Sribiko on Kamis, Agustus 30, 2018 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.